Friday 11 April 2014

ASUHAN PADA PRESBUAKUSIS

BAB I
KONSEP DASAR
I.DEFINISI

Presbiakusis adalah ketulian setelah beberapa waktu akibat mekanisme penuaan dalam telinga dalam.
II.ETIOLOGI

-Proses degenerasi tulang-tulang pendengaran bagian dalam
-Faktor intrinsik seperti genetik

III.PATOFISIOLOGI
-Presbiakusis sensori. Pada bentuk ini mula-mula hilang adalah patologi sel-sel rambut. Hal ini kemudian akan menyebabkan gangguan neuron-neuron kokhlea. Biasanya melibatkan hilangnya sel-sel rambut pada gelang basal kokhlea dan menyebabkan ketulian nada tinggi.
-Neuro presbiakusis yang terganggu yaitu neuron-neuron kokhlea. Pada kasus ini yang mengalami gangguan adalah pengertian terhadap kata-kata.
-Presbiakusis ceria: proses degenerasi yang dapat menyebabkan tuli sedang hingga berat, dalam hal ini stria vaskularis tampak berdegenerasi dan menciut.
-Kokhlea konduktif: populasi sel-sel rambut dan neuron yang normal tanpa adanya kerusakan stria vaskularis, namun ketulian diduga berkaitan dengan keterbatasan gerak membrana basilaris.

IV.GAMBARAN KLINIS
-Mengalami gangguan pendengaran pada saat berkomunikasi
-Pusing yang disebabkan oleh gangguan vestibular ditandai oleh mual, sensasi berputar dan penglihatan kabur.

V.PENATALAKSANAAN
Pemberian alat bantu pendengaran.
BAB II
ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN PRESBIAKUSIS
I.PENGKAJIAN

A.Wawancara
'
1.Data Umum
a.Identitas Klien
Nama : Ny. S.
Umur : 70 tahun
Jenis kelamin : perempuan
Agama : Islam
Suku : Bugis
Status perkawinan: janda
Pendidikan Terakhir: SR
Pekerjaan :––
Alamat :Jl. Wahidin Sudirohusodo II
Tanggal masuk :9 Oktober 2003
Golongan darah :O

b.Penanggung Jawab/Pengantar

Nama : Tn. A.
Umur : 28 tahun
Jenis kelamin : Laki-laki
Pendidikan Terakhir: Sarjana Pertanian
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Wahidin Sudirohusodo II Telp. 880991
Hubungan dengan klien: anak kandung
2.Riwayat Kesehatan Sekarang
a.Keluhan utama klien: klien susah mendengar pesan atau rangsangan suara

b.Riwayat penyakit sekarang
Saat sekarang keluarga klien mengatakan susah mendengar pesan/rangsangan berupa suara. Ketika berbicara dengan orang lain klien tidak mengerti terhadap pembicaraan. Untuk lebih mengerti, klien sering meminta untuk mengulangi pembicaraan. Yang paling suka dilakukan klien adalah duduk menyendiri.
Keluarga klien mengatakan lebih senang menyendiri dan dengan kesendiriannya itu klien mengekspresikan kesepian dan keluarga klien mengatakan bahwa klien sering menarik diri dari lingkungan dan tidak mau tampil bersama anggota keluarga.
Untuk mengisi kebosanannya, keluarga klien mengatakan bahwa klien lebih banyak tidur dan tidak mau melakukan aktivitas apapun. Komunikasi dengan klien sebagian besar berjalan melalui pesan-pesan tertulis.

3.Riwayat Kesehatan Masa Lalu
Menurut keluarga klien, klien tidak pernah mengalami penyakit akut maupun kronis, kecuali sakit ringan seperti demam, flu, batuk-batuk ringan. Gangguan pendengaran mulai dirasakan klien pada umur 50 tahun tapi hal tersebut belum terlalu mengganggu bagi klien. Klien tidak pernah mengalami cedera kepala dan tidak mengalami alergi terhadap berbagai makanan dan minuman. Klien sering terpajan dengan suara bising karena bertempat tinggal di kawasan industri.

4.Riwayat Kesehatan Keluarga
Tidak ada keluarga yang menderita penyakit pada sistem pendengaran.
5.Riwayat Psikososial dan Spiritual

• Pola koping: klien mengekspresikan perasaan sedih, murung
• Aktivitas sosial: klien tidak mau mengikuti kegiatan sehari-hari di masyarakat dan lebih senang tinggal di rumah.
• Kegiatan keagamaan: keluarga klien mengatakan bahwa klien taat beribadah.
• Hubungan dengan keluarga: kurang baik karena klien mudah tersinggung dan curiga.

6.Kebutuhan Dasar

•Pola makan:
Keluarga klien mengatakan bahwa klien makan 3 kali sehari dengan komposisi empat sehat tapi dalam porsi yang sedang. Makanan pantang sesuai dengan kaidah agama klien.
•Pola minum
Klien paling suka minum teh serta klien minum kira-kira 6 – 7 gelas sehari.
•Pola eliminasi
-Eliminasi BAK
Tidak ada hambatan dalam buang air kecil. Klien BAK sekitar 4–5 kali sehari serta keluarga klien mengatakan bahwa klien tidak pernah mengeluh BAK.
- Eliminasi BAB
Keluarga klien mengatakan bahwa BAB klien lancar 1 kali sehari serta tidak dijumpai adanya kelainan.
• Pola tidur
Klien mengatakan bahwa tidur dan istirahat tidak terganggu bahkan sebagian besar waktu klien digunakan untuk tidur atau istirahat.
• Aktivitas sehari-hari
Keluarga klien mengatakan bahwa klien tidak bekerja dan hanya melakukan aktivitas sehari-hari di rumah. Klien sulit mengikuti perintah untuk melakukan aktivitas di rumah seperti berolahraga ringan.
¬B.Pemeriksaan Fisik
1. Keadaan Umum
a. Kesadaran :compos mentis
b. TD : 140/80 mmHg
c. SB : 37 ÂșC
d. Pernafasan :20 x / m
e. BB : 50 kg
f. TB : 152 cm
2. Pengkajian Sistem Pendengaran
a. Daun telinga
Inspeksi:
-Daun telinga simetris kiri dan kanan
-Posisi telinga normal yaitu sebanding dengan titik puncak penempatan pada lipatan luar mata.
-Tidak terdapat lagi
-Auditorius eksternal tidak bengkak.
Palpasi:
-Tidak terdapat nyeri raba
-Tidak ada pembengkakan

C.Pemeriksaan Penunjang
1.Pemeriksaan otoskopik
Menggunakan alat otoskop untuk memeriksa meatus akustikus eksternus dan membrana timpani dengan cara inspeksi:
Hasil:
•Serumen berwarna kuning, konsistensi kental.
•Dinding liang telinga berwarna merah muda
2.Tes ketajaman pendengaran
a.Tes penyaringan sederhana
Hasil:
•Klien tidak mendengar secara jelas angka-angka yang disebutkan
•Klien tidak mendengar secara jelas detak jarum jam pada jarak 1–2 inchi.
b.Uji rinne
Hasil: klien tidak mendengarkan adanya getaran garpu tala dan tidak jelas mendengar adanya bunyi dan saat bunyi menghilang.
D.Pengelompokan Data
a.Data Subjektif

Keluarga klien mengatakan bahwa:
•Klien susah menerima/mendengar pesan
•Klien susah mendengar rangsang berupa suara
•Klien tidak mengerti terhadap pembicaraan orang
•Klien senang menyendiri
•Klien menarik diri dari lingkungan
•Klien tidak mau kumpul bersama keluarga
•Klien sulit mengikuti perintah untuk melakukan aktivitas di rumah
•Klien tidak mau mengikuti kegiatan sehari-hari di masyarakat
•Klien mudah tersinggung dan curiga

b.Data Objektif

•Lambat berespon terhadap rangsang suara
•Klien nampak bingung jika diajak bicara
•Klien meminta untuk mengulangi pembicaraan/pesan
•Komunikasi sebagian besar berjalan melalui pesan-pesan tertulis
•Klien suka duduk menyendiri
•Klien mengekspresikan perasaan kesepian
•Klien menarik diri lingkungan
•Klien lebih banyak tidur
•Klien nampak gelisah atau bosan karena tidak aktif
•Sebagian besar waktu klien digunakan untuk istirahat
•Klien tidak mendengar suara jelas angka-angka yang disebutkan
•Klien tidak mendengar secara jelas detak jarum pada jarak 1 – 2 inchi.
•Klien tidak mendengarkan adanya getaran garpu tala dan tidak jelas mendengar adanya bunyi dan saat bunyi menghilang.
•Klien mengekspresikan perasaan sedih, murung
•Klien tidak komunikatif.
E.Patofisiologi Berdasarkan Penyimpangan KDM
Degenerasi tulang-tulang
pendengaran bagian dalam

Hilangnya sel-sel rambut
pada basal kokhlea
gangguan neuron-neuron kokhlea
Fungsi pendengaran menurun
Pendengaran terhadap Menarik Tidak mau mengikuti
kata-kata/rangsang diri darikegiatan di rumah
suara menurun lingkunganmaupun masyarakat

Gangguan
Harga diri
lebih banyak istirahat
komunikasi verbalrendah
Kurang aktivitas

F.Analisa Data
NoData Penyebab Masalah
1.DS: keluarga klien mengatakan bahwa
-Klien susah mendengar rangsang berupa suara
-Klien susah mendengar atau menerima pesan
-Klien tidak mengerti terhadap pembicaraan orang
-Klien mudah tersinggung dan curiga
DO:
-Lambat berespon terhadap rangsang suara
-Klien nampak bingung jika diajak bicara
-Klien meminta untuk mengulangi pembicaraan atau pesan
-Komunikasi sebagian besar berjalan melalui pesan-pesan tertulis dan perantara anggota keluarga
-Klien tidak mendengar secara jelas angka-angka yang disebutkan
-Klien tidak mendengar secara jelas detak jarum pada jarak 1 – 2 inchi
-Klien tidak komunikatif Degenerasi tulang-tulang pendengaran bagian dalam

Gangguan neuron-neuron kokhlea

Pendengaran terhadap kata-kata/rangsang suara menurun

Gangguan komunikasi verbal
2.DS:
-Klien senang menyendiri
-Klien menarik diri dari lingkungan
-Klien tidak mau kumpul bersama keluarga
DO:
-Klien suka duduk menyendiri
-Klien mengekspresikan perasaan kesepian
-Klien menarik diri lingkungan
-Klien mengekspresikan perasaan kesepian
Degenerasi tulang-tulang pendengaran bagian dalam

Fungsi pendengaran menurun

Pendengaran kata-kata/rangsang suara menurun

Menarik diri dari lingkungan Harga diri rendah
3.DS:
-Klien sulit mengikuti perintah untuk melakukan aktivitas di rumah
-Klien tidak mau mengikuti kegiatan sehari-hari di masyarakat
DO:
-Klien lebih banyak tidur
-Klien nampak gelisah atau bosan
-Sebagian besar waktu klien digunakan untuk istirahat Degenerasi tulang-tulang pendengaran bagian dalam

Pendengaran terhadap kata-kata/rangsang suara menurun

Menarik diri dari lingkungan

Lebih banyak istirahat Kurang aktivitas

G.Prioritas Masalah
1.Gangguan komunikasi verbal berhubungan dengan degenerasi tulang pendengaran bagian dalam
2.Harga diri rendah berhubungan dengan fungsi pendengaran
3.Kurang aktivitas berhubungan dengan menarik diri dari lingkungan.

II.DIAGNOSA KEPERAWATAN

A.Gangguan komunikasi verbal berhubungan dengan degenerasi tulang-tulang pendengaran bagian dalam ditandai dengan:
1.Data Subjektif
Keluarga klien mengatakan bahwa:
a.Klien susah mendengar rangsang berupa suara
b.Klien susah mendengar atau menerima pesan
c.Klien tidak mengerti terhadap pembicaraan orang
d.Klien mudah tersinggung dan curiga
2.Data Objektif
a.Lambat berespon terhadap rangsang suara
b.Klien nampak bingung jika diajak bicara
c.Klien meminta untuk mengulangi pembicaraan atau pesan
d.Komunikasi sebagian besar berjalan melalui pesan-pesan tertulis dan perantara anggota keluarga
e.Klien tidak mendengar secara jelas angka-angka yang disebutkan
f.Klien tidak mendengar secara jelas detak jarum pada jarak 1 – 2 inchi.
g.Klien tidak mendengarkan adanya getaran garpu tala dan tidak jelas mendengar adanya bunyi dan saat bunyi menghilang.
h.Klien tidak komunikatif.

B.Harga diri rendah berhubungan dengan fungsi pendengaran menurun ditandai dengan:

1.Data Subjektif
Keluarga klien mengatakan bahwa:
a.Klien senang menyendiri
b.Klien menarik diri dari lingkungan
c.Klien tidak mau kumpul bersama keluarga
2.Data Objektif
a.Klien suka duduk menyendiri
b.Klien mengekspresikan perasaan kesepian
c.Klien menarik diri lingkungan
d.Klien mengekspresikan perasaan kesepian
C.Kurang aktivitas berhubungan dengan menarik diri lingkungan ditandai dengan:

1.Data Subjektif
Keluarga klien mengatakan bahwa:
a.Klien sulit mengikuti perintah untuk melakukan aktivitas di rumah
b.Klien tidak mau mengikuti kegiatan sehari-hari di masyarakat
2.Data Objektif
a.Klien lebih banyak tidur
b.Klien nampak gelisah atau bosan
c.Sebagian besar waktu klien digunakan untuk istirahat

III.RENCANA KEPERAWATAN

1.Tujuan
A.Komunikasi verbal klien berjalan dengan baik
Kriteria hasil
Dalam 1 hari klien dapat:
1.Menerima pesan melalui metode alternatif
2.Mengerti apa yang diungkapkan
3.Memperlihatkan suatu peningkatan kemampuan untuk berkomunikasi
4.Menggunakan alat bantu dengar dengan cara yang tepat.
B.Klien dapat menerima keadaan dirinya
Kriteria hasil

Secara bertahap klien dapat:
1.Mengenal perasaan yang menyebabkan perilaku menarik diri
2.Berhubungan sosial dengan orang lain
3.Mendapat dukungan keluarga mengembangkan kemampuan klien untuk berhubungan dengan orang lain.
4.Membina hubungan saling percaya dengan perawat.
C.Klien dapat melakukan aktivitas tanpa kesulitan
Kriteria hasil

Secara bertahap klien dapat:
1.Menceritakan perasaan-perasaan bosan
2.Melaporkan adanya peningkatan dalam aktivitas yang menyenangkan
3.Menceritakan metoda koping terhadap perasaan marah atau depresi yang disebabkan oleh kebosanan.
2.Intervensi /Rencana Tindakan
A.Gangguan komunikasi verbal

Tindakan/intervensi

1.Kaji tingkat kemampuan klien dalam penerimaan pesan
2.Periksa apakah ada serumen yang mengganggu pendengaran
3.Bicara dengan pelan dan jelas
4.Gunakan alat tulis pada waktu menyampaikan pesan
5.Beri dan ajarkan klien pada penggunaan alat bantu dengar
6.Pastikan alat bantu dengar berfungsi dengan baik
7.Anjurkan klien untuk menjaga kebersihan telinga.
B.Harga diri rendah

Tindakan/intervensi

1.Kaji pengetahuan klien tentang perilaku menarik diri dan tanda-tandanya
2.Beri kesempatan pada klien untuk mengungkapkan perasaan penyebab klien tidak mau bergaul atau menarik diri
3.Diskusikan bersama klien tentang perilaku menarik diri, tanda-tanda serta penyebab yang mungkin.
4.Beri pujian terhadap kemampuan klien mengungkapkan perasaan.
5.Diskusikan tentang keuntungan dari berhubungan dan kerugian dari perilaku menarik diri
6.Doron dan bantu klien untuk berhubungan dengan orang lain
7.Beri pujian atas keberhasilan yang telah dicapai klien
8.Bina hubungan saling percaya dengan klien
9.Anjurkan anggota keluarga untuk secara rutin dan bergantian mengunjungi klien
10.Beri reinforcement positif atas hal-hal yang telah dicapai oleh keluarga.
11.Bina hubungan saling percaya dengan menggunakan prinsip hubungan terapeutik
C.Kurang aktivitas

Tindakan/intervensi

1.Beri motivasi untuk dapat saling berbagi perasaan dan pengalaman
2.Bantu klien untuk mengatasi perasaan marah dari berduka
3.Variasikan rutinitas sehari-hari
4.Libatkan individu dalam merencanakan rutinitas sehari-hari
5.Rencanakan suatu aktivitas sehari-hari
6.Berikan alat bantu dengan dalam melakukan aktivitas

IV.IMPLEMENTASI

A.Gangguan Komunikasi Verbal
1.Jam 09.00
Mengkaji tingkat kemampuan klien dalam penerima pesan:
Klien mengalami kesulitan dalam penerimaan pesan-pesan beberapa kalimat yang diucapkan. Klien hanya dapat mendengar 1 atau 2 kata.
2.Jam 09.05
Memeriksa serumen pada telinga
Serumen berwarna kuning, konsistensi kental.
3.Jam 09.10
Berbicara pada klien dengan pelan dan jelas
Perawat mengucapkan satu persatu kata dengan pelan serta suara yang jelas agar klien lebih mudah mengerti terhadap apa yang dibicarakan.
4.Jam 09.15
Menggunakan alat tulis pada waktu menyampaikan pesan
Alat tulis yang digunakan berupa kertas dan pulpen untuk kata yang susah dimengerti klien jika diucapkan. Penggunaan alat tulis dilakukan secara bergantian dengan ucapan perawat kepada klien.
5.Jam 09.20
Memberikan dan mengajarkan klien penggunaan alat bantu dengar
Alat bantu dengar dipasang pada kedua telinga dengan volume suara disesuaikan keadaan dan kemampuan klien.
6.Jam 09.20
Memastikan alat bantu dengar berfungsi dengan baik
Perawat memastikan alat bantu dengar tidak rusak dengan cara melakukan test terlebih dahulu dan memastikan baterai terpasang dengan baik.
7.Jam 09.25
Menganjurkan klien untuk menjaga kebersihan telinga.
Telinga dibersihkan secara rutin untuk menghindari penumpukan serumen yang dapat menghambat fungsi pendengaran
Untuk implementasi diagnosa 2 dan 3 disesuaikan dengan intervensi.
VI. EVALUASI
A. Gangguan Komunikasi Verbal
S :-Klien mengungkapkan dapat menerima melalui media alternatif.
-Klien mengatakan sudah mengerti tentang apa yang diungkapkan.
O :-Klien memperlihatkan suatu peningkatan kemampuan untuk berkomunikasi
-Klien menggunakan alat bantu dengar dengan tepat
A :masalah teratasi
P :Intervensi dihentikan.
B. Evaluasi untuk diagnosa 2 dan 3 disesuaikan dengan tujuan
- Apabila berhasil intervensi dihentikan
- Apabila tidak berhasil intervensi dilanjutkan.

DAFTAR PUSTAKA
1. Lynda, J. Capernitu, Diagnosa Keperawatan, EGC, Jakarta, 2001.
2. Ida Samidah, Pengkajian Keperawatan, Makassar, 2003.
3. Sri Rukmini, dkk., Teknik Pemeriksaan THT, EGC, Jakarta, 2000.
4. Purnawan Junadi, dkk., Kapita Selekta Kedokteran, FK-UI, Jakarta, 1997.
5. Budi Anna Keliat, dkk., Proses Keperawatan Kesehatan Jiwa, EGC, Jakarta, 1999.
6. Boles, Buku Ajar Penyakit THT, EGC, Jakarta, 1997.

ASUHAN PADA PRESBUAKUSIS Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment