Tuesday 27 May 2014

Reproduksi pada Manusia

Alat reproduksi pada laki-laki:
1) Alat Kelamin Luar
  • Penis, fungsinya sebagai alat kopulasi, yaitu proses pertemuan alat kelamin pria dan wanita, serta digunakan untuk menyalurkan sperma.
2) Alat Kelamin Dalam
  • Testis, tempat pembentukan sel kelamin jantan (sperma) dan hormone kelamin (testosteron). 
  • Saluran Reproduksi, tempat pematangan dan tempat penyimpanan sementara sperma (epididimis). Saluran untuk menyimpan dan mengangkut sperma (vas deferens). 
  • Kelenjar kelamin, mensekresikan prostaglandin yang berfungsi merangsang kontraksi otot sehingga mendorong semen mencapai uterus (vesika seminalis). Menghasilkan cairan yang mengandung fosfolipid dan garam-garam alkalis ke dalam uretra (kelenjar prostat). Menghasilkan lendir yang alkalis (kelenjar bulbouretral).
Alat-alat reproduksi laki-laki dibagi atas bagian pembuat mani dan bagian penyalur mani. Bagian pertama berupa kelenjar kelamin, yaitu buah zakar yang membentuk sel-sel mani. Buah zakar kanan dan kiri tergantung di dalam sebuah lipatan kulit yang berbentuk kantong dan terletak di bawah tulang kemaluan yang dinamakan kandung buah zakar (skrotum). Pada sisi belakang setiap buah zakar terdapat anak buah zakar yang tergolong sebagai jalan penyalur. 
alat kelamin laki-laki

Sel-sel mani keluar dari buah zakar dan masuk ke dalam anak buah zakar. Di sini sel-sel mani melalui suatu saluran halus yang berliku-liku dan di bagian bawah anak buah zakar beralih menjadi pipa mani, yang berjalan di depan tulang kemaluan ke atas, diiringi oleh nadi buah zakar dan anyaman pembuluh balik. Buah zakar, anak buah zakar dan tali mani diselubungi oleh beberapa kerudung dan juga selapis otot yang bernama otot pegantung yang dapat menarik buah zakar dan anak buah zakar ke atas. 
 
Alat reproduksi pada wanita:
1) Alat Kelamin Luar 
  • Labia mayora, bibir luar vagina dan berlapis lemak. 
  • Mons venerus, pertemuan antara bibir vagina dengan bagian atas yang tampak membulat. 
  • Labia minora, bibir kecil berupa lipatan halus, tidak dilapis lemak. 
  • Klitoris, tonjolan kecil pada labia mayora. 
  • Selaput dara (himen), di bawah saluran vagina mengelilingi tempat masuk ke vagina. Vagina, suatu struktur seperti tabung berotot.
2) Alat Kelamin Dalam 
  • Ovarium, untuk menghasilkan sel telur (ovum) dan hormon estrogen dan progresteron.
  • Tuba Fallopii (oviduct), saluran yang menghubungkan ovarium dan uterus (rahim). 
  • Uterus (rahim), ruang untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.
Indung telur berjumlah dua, terletak pada dinding sisi panggul kecil di sebelah kanan dan di sebelah kiri. Masing-masing indung telur tergantung pada beberapa ikat dan lipatan salut perut. Indung telur adalah kelenjar kelamin perempuan yang menghasilkan sel-sel kelamin, yaitu sel-sel telur. 

Sel-sel telur dalam indung telur diselubungi oleh oleh suatu selubung yang terdiri atas sel-sel, keseluruhannya berupa bentuk yang dinamakan folikel atau gelembung Graaf. Pada perempuan yang telah masak kelamin, folikel yang berkembang merupakan tonjolan pada permukaan indung telur, yang menyerupai permukaan buah srikaya. Setelah folikel masak, maka akan pecah sambil melemparkan ke luar sel telurnya yang kini terapung dalam rongga perut (kejadian ini disebut ovulasi).
vagina- alat kelamin perempuan
mestruaasi pada perempuan

Reproduksi pada Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment