Tuesday 19 March 2013

REFLEKS LEHER TONIK PADA BAYI



1. Reflex leher tonik

Salah satu dari 5 refleks primitf yang sering muncul (ATNR, STNR, Moro, Neck righting, Extensor thrust, foot placement, parachute reaction).

Refleks leher asimetrik tonik : refleks ini memang agak sulit terlihat. Meski begitu, bisa Anda amati. Caranya? Baringkan si kecil, lalu miringkan kepalanya ke kiri misalnya. Tangan kiri bayi Anda akan segera merentang lurus ke luar, sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya. Catatan: Refleks ini paling jelas terlihat saat si kecil berusia 2 bulan, namun akan menghilang saat usianya 5 bulan.

Toknik leher asimetris (menengadah): Jika kepala bayi dimiringkan dengan cepat ke salah satu sisi, lengan dan kakinya akan berekstensi pada sisi tersebut dan lengan yang berlawanan dan kaki fleksi,harus hilang pada usia 3-4 bulan, untuk digantikan dengan posisi simetris dari kedua sisi tubuh.

Gambar reflex leher tonik

2.  Reflex neck-righting

Salah satu dari 5 refleks primitf yang sering muncul (ATNR, STNR, Moro, Neck righting, Extensor thrust, foot placement, parachute reaction). Neck righting tidak berhubungan dengan ketidakmampuan berjalan.

Neck-rigthting : Jika bayi terlentang, kepala dipalingkan ke satu sisi: bahu dan batang tubuh membalik ke arah tersebut, diikuti dengan pelvis: menghilang pada usia 10 bulan.

Neck righting refleks : Ketika bayi kepalanya dimiringkan (misalnya ke kiri) maka lengan kirinya akan meregang lurus sementara siku lengan kanannya akan melipat

3Reflex otolith-righting.

Otolith-rigthing: Jika badan bayi yang tegak ditengadahkan, kepala kembali tegak, posisi tegak

Gambar otolith-righting

Vital Signs normal Ranges Bayi Untuk Sekolah Umur

REFLEKS LEHER TONIK PADA BAYI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment