Monday 2 June 2014

Otot Penyusun Tubuh Manusia

Pada kegiatan belajar ini Anda akan mempelajari materi yang masih berkaitan dengan alat gerak. Bila tulang dikatakan sebagai alat gerak pasif maka otot yang akan kita bahas pada kegiatan belajar ini dikenal sebagai alat gerak aktif. 

Otot rangka (otot skelet) merupakan organ utama dari sistem otot yang menyusun tubuh manusia. Sistem ini terutama terdiri dari otot lurik dan jaringan ikat, mengandung jaringan syaraf yang mengontrol konktraksi otot, dan jaringan epitel yang melapisi bagian dalam dari jaringan pembuluh darah . 

Sebagian besar otot skelet melekat pada tulang melalui tendon dengan melalui satu sendi, kecuali otot yang melekat pada kulit. Bila otot berkontraksi maka tulang akan bergerak mengitari sumbu sendi, dengan demikian tulang berfungsi sebagai pengungkit. Bagian tendon yang melekat pada tulang-tulang yang relatif tidak bergerak disebut origo. Sedangkan bagian tendon yang melekat pada tulang yang relatif bergerak disebut insersi. Hal ini bisa diibaratkan dengan jendela dorong yang sedang terbuka yang dipasang per pada daun jendelanya. Bagian per yang melekat pada kusen disebut sebagai origo, sedangkan bagian per yang melekat pada daun jendelanya adalah insersi. Per sendiri bertindak sebagai otot sedangkan engsel jendela sebagai sendi. 

Satu otot sebagai organ hanya mempunyai satu aksi tertentu saja yaitu mengerakkan satu bagian tertentu tubuh kita. Sedangkan kerjasama semua otot tubuh sebagai satu sistem akan menghasilkan semua gerakan tubuh kita yang terkoordinasi. 

Otot yang diharapkan melakukan gerak tertentu disebut otot agonis, misalnya untuk meluruskan (ektensi) sendi siku otot agonisnya ialah musculus triceps brachii. Sedangkan musculus (otot) biceps brachii yang menyebabkan fleksi (membengkokkan) sendi siku di sini disebut otot antagonis terhadap otot triceps brachii karena otot biceps brachii mempunyai arah gerakan yang berlawanan dengan otot triceps brachii. 

Untuk gerak ekstensi sendi siku, otot biceps brachii (antagonis) harus relaksasi karena bila keduanya (biceps dan triceps) bersamaan berkontraksi akan terjadi fiksasi sendi siku. Sedangkan otot-otot yang membantu gerakan otot agonis dan mengurangi gerakan-gerakan yang tidak diperlukan disebut otot sinergis, misal otot deltoid dan pectoralis mayor memfiksasi sendi bahu agar fleksi pada sendi siku oleh biceps lancar. 

Terdapat lebih dari 600 otot pada manusia. Nama dan letak otot-otot yang menyusun tubuh manusia sebagian dapat Anda pelajari pada gambar di bawah 

otot tampak depan
otot tampak belakang

Otot skelet pada manusia biasanya dinamai berdasarkan beberapa hal. Nama-nama otot tersebut biasanya berkaitan dengan antara lain lokasi otot, misalnya otot (musculus disingkat m.) temporalis berada di atas tulang temporal. Penamaan otot berdasarkan jumlah origo, misalnya m. triceps brachii mempunyai 3 origo, biceps brachii mempunyai 2 origo. Penamaan otot berdasarkan bentuk otot, misalnya m. deltoideus, otot ini mempunyai bentuk segitiga. Penamaan otot berdasarkan arah serabut otot, misalnya m. rectus, otot ini arah serabutnya tegak. Penamaan otot berdasarkan besar dan panjang otot, misalnya mayor berarti otot ini ukurannya relatif besar dan sebaliknya minimus atau minor. Disamping itu juga penamaan otot berdasarkan hal-hal lainnya, seperti m. sternocleido-mastoideus mempunyai origo sternum, clavicula dan insersi pada tulang mastoid; m. sphincter berarti otot untuk mengecilkan lubang; m. tensor yaitu otot untuk menegangkan; m. levator untuk menaikan. 

Selain otot skelet, tubuh manusia juga disusun oleh dua jenis otot lainnya yaitu otot jantung dan otot polos. Otot jantung, seperti pada otot rangka, berlurik. Sesuai dengan namanya otot jantung, maka otot jenis ini hanya ditemukan pada jantung. Otot polos yang juga merupakan bagian penting yang menyusun otot tubuh manusia terdapat pada organ-organ tubuh bagian dalam seperti pada saluran pencernaan dan pembuluh darah. Untuk mengetahui perbedaan dari ketiga jenis otot yang menyusun tubuh manusia silakan Anda pelajari lagi tentang jaringan otot pada kegiatan belajar sebelumnya.

Otot Penyusun Tubuh Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment