Friday 12 December 2014

Pepaya, buah pemutih dan pembersih kulit

Pepaya


manfaat pepaya untuk kulit

Pepaya merupakan tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat bahkan kawasan sekitar Mexsiko dan Coasta Rica. Tanaman pepaya banyak ditanam orang, baik di daeah tropis maupun sub tropis. di daerah-daerah basah dan kering atau di daerah-daerah dataran dan pegunungan (sampai 1000 m dpl). Buah pepaya merupakan buah meja bermutu dan bergizi yang tinggi. 

JENIS TANAMAN 
  1. Pepaya Jantan Pohon pepaya ini memiliki bunga majemuk yang bertangkai panjang dan bercabang-cabang. Bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai. Ciri-ciri bunga jantan ialah putih/bakal buah yang rundimeter yang tidak berkepala, benang sari tersusun dengan sempurna. 
  2. Pepaya Betina Pepaya ini memiliki bunga majemuk artinya pada satu tangkai bunga terdapat beberapa bunga. Tangkai bunganya sangat pendek dan terdapat bunga betina kecil dan besar. Bunga yang besar akan menjadi buah. Memiliki bakal buah yang sempurna, tetapi tidak mempunyai benang sari, biasanya terus berbunga sepanjang tahun. 
  3. Pepaya Sempurna Memiliki bunga yang sempurna susunannya, bakal buah dan benang sari dapat melakukan penyerbukan sendiri maka dapat ditanam sendirian. Terdapat 3 jenis pepaya sempurna, yaitu: 
    • Berbenang sari 5 dan bakal buah bulat. 
    • Berbenang sari 10 dan bakal buah lonjong. 
    • Berbenang sari 2 - 10 dan bakal buah mengkerut.
  • Pepaya sempurna mempunyai 2 golongan: 
    • Yang dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun. 
    • Yang berbuah musiman
  • Jenis pepaya yang banyak dikenal orang di Indonesia, yaitu: 
    • Pepaya semangka, memiliki daging buah berwarna merah semangka, rasanya manis. 
    • Pepaya burung, warna daging buah kuning, harum baunya dan rasanya manisasam. 

Pepaya untuk memutihkan dan membersihkan kulit

Salah satu cara alternatif untuk mendapatkan kulit putih dan bersih dengan bahan alami adalah menggunakan buah papaya. Buah papaya Pepaya (Carica papaya L.), atau yang lebih dikenal oleh orang jawa dengan sebutan kates/gandul ini memang banyak sekali manfaatnya.

Buah pepaya tak hanya manis dan menyegarkan dikonsumsi, namun menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Biasanya untuk mereka yang punya masalah dengan pencernaan seperti susah buang air besar, maka mengonsumsi pepaya jadi jalan keluar yang efektif. Buah pepaya dalam bentuk hijau/masih mentah telah digunakan sebagai cara alami untuk mengobati jerawat selama berabad-abad.

Efektivitas pepaya untuk jerawat dapat diukur dengan hasil positif banyak orang yang telah mengaplikasikannya. Pepaya memiliki kemampuan exfoliating (mengelupas) yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati untuk membersihkan jalan bagi pori-pori unclogged. Enzim Papain yang ditemukan dalam buah pepaya, terbukti efektif dalam mengurangi peradangan jerawat dan mempromosikan kulit yang lebih lembut dan halus. Banyak orang saat ini lebih memilih metode pengobatan jerawat alami karena telah terbukti efektif selama berabad-abad.

Selain kandungan enzim papain, pada pepaya terdapat enzim khimopapain, alkaloid carpin dan pseudocarpin juga ekspressin pada pepaya. Semua zat ini punya khasiat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan, yaitu mengencangkan kulit, menghaluskan, menghilangkan keriput serta menghilangkan noda hitam. Selain itu, mengaplikasikan pepaya sebagai masker juga bermanfaat untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang mengotori kulit.

Kekuatan pepaya sebagai obat jerawat berasal dari sifat alami yang dibawanya untuk membersihkan daging. Jika ditekan pada kulit, pepaya efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih segar. Dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat, pepaya mencegah jerawat muncul kembali. Sementara untuk jerawat yang sudah muncul, dekomposisi enzim Papain yang dikandung pepaya terbukti efektif untuk memberantas bakteri-bakteri yang ada dan meninggalkan sel-sel sehat untuk berkembang. Bahan Yang Harus Anda Siapkan Untuk Membuat Masker Papaya :
  • Jus papaya sebanyak 3 sdm (sendok makan), usahakan jusnya masih segar. 
  • Oatmeal dengan takaran banyak 1/3 cangkir kecil 
  • Madu murni sebanyak 1 sdm (sendok makan) 
Cara pembuatan dan Pemakaian maskernya: 
Campurkan antara bahan-bahan yang sudah kita siapkan tadi menjadi satu, lalu aduklah bahan hingga benar-benar rata. Bersihkan kulit anda dengan air dingin, dan lap dengan handuk halus, sampai kulit agak lembab. Langkah selanjutnya oleskan bahan-bahan yang sudah kita campur tadi kearea kulit yang ingin di putihkan/dicerahkan, dalam pengolesan tipis saja namun merata. Jangan dibasuh dahulu melainkan didiamkan selama 15 atau 10 menitan. Setelah 15 belas menit bilas wajah dengan air hangat sampai tak ada sisanya sama sekali. 

untuk masker pepaya sudah dicampur dengan madu diusapkn pada bagian kulit yang berjerawat. Mulai dari muka, hingga leher. Diamkan selama sekitar 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat dan dikeringkan dengan handuk lembut. 

Pepaya juga bisa digunakan sebagai tonik untuk wajah. Cara memanfaatkan pepaya sebagai penghilang keriput di wajah adalah dengan menambahkan sedikit air tawar, juga putih telur dan beberapa sendok daging buah pepaya matang yang telah dihaluskan. Gunakan sebagai masker dan diamkan hingga 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Bisa juga dengan menambahkan satu sendok madu pada daging buah pepaya matang yang telah dihaluskan. Gunakan juga sebagai masker dan bilas dengan air dingin. Ulangi secara rutin dan rasakan betapa kulit Anda kembali kencang dan keriput berkurang.

Pepaya, buah pemutih dan pembersih kulit Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment