Thursday 26 February 2015

BIOGAS ALTERNATIF BBM MASA DEPAN

SOLUSI LPG LANGKA

Ditengah permasalahan dapur bunda yang sangat sulit untuk mendapatkan gas LPG 3kg warna melon yang belakangan ini menjadi sangat langka dan harga yang melambung tinggi membuat tidak jarang dari warga mulai mencari kayu untuk menggantikan si tabung melon. Namun hal ini tidak berlaku bagi si penggembala sapi, karena dia memproduksi sendiri bahan bakar yang dia butuhkan yaitu BIOGAS dari kotoran sapi miliknya. 
kandang sapi

Biogas adalah campuran beberapa gas, tergolong bahan bakar gas yang merupakan hasil fermentasi atau dekomposisi bahan organik dalam kondisi anaerob dan gas yang dominan adalah metana ( CH4) dan karbon dioksida (CO2). Biogas dapat disimpulkan sebagai salah satu jenis energi yang dapat dibuat dari fermentasi berbagai jenis bahan limbah seperti sampah, pupuk, kotoran manusia, jerami, dan khususnya kotoran sapi dalam kondisi anaerob dan menghasilkan gas, gas metana yang didominanasi oleh dioksida dan karbon. Singkatnya, semua jenis bahan dalam hal kimia termasuk senyawa organik, baik berasal dari limbah dan kotoran hewan atau sisa tanaman, dapat digunakan sebagai biogas. 


Kandungan unsur hara dalam kotoran sapi bervariasi tergantung pada keadaan tingkat produksinya, macam, jumlah makanan yang dimakannya, serta individu ternak sendiri . Kandungan unsur hara dalam kotoran sapi antara lain 2N (0,29 %), P2O5 (0,17 %), dan K2O (0,35%) .

Komposisi biogas hasil permentasi 

komposisi hasil fermentasi

Membangun instalasi digester

Bangunan utama dari instalasi biogas adalah Digester yang berfungsi untuk menampung gas metan hasil perombakan bahan bahan organik oleh bakteri. Jenis digester yang paling banyak digunakan adalah model continuous feeding dimana pengisian bahan organiknya dilakukan secara kontinu setiap hari. Besar kecilnya digester tergantung pada kotoran ternak yamg dihasilkan dan banyaknya biogas yang diinginkan. Bangunan utama dari instalasi biogas adalah Digester yang berfungsi untuk menampung gas metan hasil perombakan bahan bahan organik oleh bakteri. Jenis digester yang paling banyak digunakan adalah model continuous feeding dimana pengisian bahan organiknya dilakukan secara kontinu setiap hari. Besar kecilnya digester tergantung pada kotoran ternak yamg dihasilkan dan banyaknya biogas yang diinginkan. 

Lahan yang diperlukan sekitar 16 m2. Untuk membuat digester diperlukan bahan bangunan seperti pasir, semen, batu kali, bata merah, besi konstruksi, cat , kran , dan pipa prolon. 

Lokasi yang akan dibangun sebaiknya dekat dengan kandang sapi sehingga kotoran ternak dapat langsung disalurkan kedalam digester. Disamping digester harus dibangun juga penampung sludge (lumpur) dimana slugde tersebut nantinya dapat dijadikan pupuk organik . 
biogas

ALAT DAN BAHAN YANG DIPERLUKAN:

  1. Volume reaktor (lubang semen ) : 4.000 liter 
  2. Volume penampung gas (lubang semen) : 2.500 liter 
  3. Kompor Biogas : 1 buah 
  4. tempat pengaduk bahan : 1 buah 
  5. Selang saluran gas : + 10 m 
  6. Selang saluran air + 10 m 
  7. Kebutuhan bahan baku : kotoran ternak dari 2-3 ekor sapi/ kerbau. 
  8. Biogas yang dihasilkan 4 m3 per hari (setara dengan 2,5 liter minyak tanah).

LANGKAH-LANNGKAH PEMBUATAN BIOGAS

Setelah pengerjaan digester selesai maka mulai dilakukan proses pembuatan biogas dengan langkah langkah sebagai berikut: 
  1. Mencampur kotoran sapi dengan air sampai terbentuk lumpur dengan perbandingan 1:2 pada bak penampung sementara. Bentuk lumpur akan mempermudah pemasukan kedalam digester. 
  2. Mengalirkan lumpur kedalam digester melalui lubang pemasukan. Pada pengisian pertama kran gas yang ada diatas digester dibuka agar pemasukan lebih mudah dan udara yang ada didalam digester terdesak keluar. Pada pengisian pertama ini dibutuhkan lumpur kotoran sapi dalam jumlah yang banyak sampai digester penuh. 
  3. Membuang gas yang pertama dihasilkan pada hari ke-1 sampai ke-8 karena yang terbentuk adalah gas CO2. Sedangkan pada hari ke-10 sampai hari ke-14 baru terbentuk gas metan (CH4) dan CO2 mulai menurun. Pada komposisi CH4 54% dan CO2 27% maka biogas akan menyala. 
  4. Pada hari ke-14 gas yang terbentuk dapat digunakan untuk menyalakan api pada kompor gas atau kebutuhan lainnya. Mulai hari ke-14 ini kita sudah bisa menghasilkan energi biogas yang selalu terbarukan. Biogas ini tidak berbau seperti bau kotoran sapi. Selanjutnya, digester terus diisi lumpur kotoran sapi secara kontinu sehingga dihasilkan biogas yang optimal. 

biogas yang dihasilkan

kompor biogas

untuk yang dikota bisa menggunakan gas alam untuk menghindari kelangkaan LPG  tabung ukuran 3 kg.

    BIOGAS ALTERNATIF BBM MASA DEPAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

    0 comments:

    Post a Comment