Monday 20 May 2013

KONSELING BALITA


KOMUNIKASI DAN KONSULTASI :

TOPIK ( BALITA )

Ibu Irma berusia 24 tahun datang ke puskesmas dengan bersama anaknya yang berusia 2 tahun dengan keluhan utama anaknya yang sangat susah makan sehingga berat badannya semakin menurun seing mual-mual dan sakit perut , sehingga untuk mengatasi masalahnya ibu Irma datang ke puskemas untuk berkonsultasi dengan petugas kesehatan ( Bidan )

P : Assalamu alaikum , pagi ibu bidan !

PK : Waalaikum salam , pagi ibu masukki ibu..

P : Iye’ ibu..

PK : dudukki ibu’ ibu perkenalkan saya bidan Andin yang bertugas di puskesmas ini dari jam 7 pagi sampai jam 2 siang , apa yang bisa saya bantu ibu ?

P : Iye’ begini ibu bidan , saya punya anak perempuan usianya sudah 2 tahun ibu tapi susah sekali disuruh makan ibu bidan baru sekalinya makan ibu’ tidak mau lagi makan sayur sama ikan , baru makannya sedikit sekali ibu , saya jadi khawatir sama pertumbuhannya badannya ibu

PK : Oh...ibu khawatir yah ?

P : iye’ ibu , anak saya juga semakin kurus bu’

PK : Oh..begitu ibu , terus ibu anaknya pernah ditimbang tidak , kalau pernah berapa terakhir timbangannya ibu ?

P : pernah ibu , Terakhir saya timbang ibu 6,9 kg ji beratnya ibu , selain itu sering juga muntah-muntah , kadang -kadang juga sakit perut ibu

PK : Hmm..begitu ibu ,termasuk rendah yah bu’ dari ceritanya ibu sepertinya anak ibu terkena penyakit cacingan , jadi ibu itu penyakit cacingan ibu disebabkan karena kurangnya kebersihan dalam kehidupan sehari-hari .itu penyakit Cacingan dapat menular melalui makanan yang tertelan dan masuk ke dalam tubuh si anak baik yang terinveksi bakteri atau mungkin belum matang (mentah ) atau mungkin saat menyentuh tanah yang kotor atau becek , sedangkan gejalanya itu ibu biasanya kurangnya nafsu makan , muntah –muntah dan disertai sakit perut

P : oh.. begitu ibu , jadi apa yang harus saya lakukan ibu bidan ?

PK : saya sarankan jagaki kebersihan sekitar rumah ibu , terutama kamar mandi dan dapur ibu , terus biasakan mencuci tangan sebelum dan setelah makan ibu , memilih makanan yang bersih dan memasak makanan sampai betul-betul matang dan rutin memotong kuku juga tidak lupa nasehati anak ibu agar Memakai sandal atau sepatu ketika bermain di tanah , dan buanglah kotoran hewan peliharan jika ada pada tempat yang aman dan tidak mencemari lingkungan.

P : oh..begitu yah ibu bidan

Pk : iye’ ibu selain itu Anak di atas 6 bulan seperti nak ibu dapat diberikan obat cacing jika memang diperlukan ibu , ini untuk mengobati cacingan pada anak ibu sehingga selain menyembuhkan juga bisa mengembalikan nafsu makan si anak , selain itu bisaki juga berikan obat penambah nafsu makan ibu terus perhatikan jadwal makan , serta kalau bisaki juga buatkan makanan dengan bentuk-bentuk lucu sehingga bisa memunculkan minat anak untuk memakan makananya ibu.

P : Hmm.. begitu yah ibu bidan kalau begitu saya akan coba terapkan pada kehidupan keluarga saya ibu bidan , oh..yah makasih nah ibu bidan atas saran-sarannya

PK :Iye’ sama –sama ibu

P : Kalau begitu ibu saya permisi dulu yah , Assalamu alaikum ibu

PK :Oh iye’ Waalaikum salam ibu hati-hatiki ibu dijalan

KONSELING BALITA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: viviensinaga

0 comments:

Post a Comment